Di era abad Ke-21 ini,
Teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat hingga keseluruh
penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.Di Indonesia Sekarang ini Teknologi
Informasi dan Komunikasi bukanlah suatu yang asing untuk dibicarakan, dan
perkembangannya pun cukup cepat, sekarang ini, di banyak negara negara besar
mulai menggaungkan revolusi industri baru, yang berbasis pada ekonomi digital,
hampir semua negara berbicara soal ekonomi digital, ekonomi digital merupakan
salah satu bentuk Industri baru yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang berbasis Internet, tentunya kita(Indonesia) harus ikut berperan
dalam tren ini.
Menurut saya, Indonesia punya potensi besar untuk mengembangkan ekonomi digital. Saya bukan omong kosong mengatakan ini. Dari data analisis Ernst & Young, Dengan jumlah penduduk 250Juta, Indonesia memiliki 93,4Juta pengguna Internet, dan 71Juta pengguna ponsel pintar. pastinya potensi Indonesia sangat besar untuk memanfaatkan Industri ini, Nyatanya sekarang ini penjualan bisnis online meningkat 40 persen setiap tahunnya.
Potensi ini
akan menjadi pondasi bagi indonesia untuk menjadi Industri ekonomi digital
terbesar di Asia Tenggara, untuk itu perlu dilakukan percepatan implementasi.
ini sangat penting karena kita tidak boleh tertinggal dari negara negara
di sekitar kita. Dan sebagai langkah awal kita perlu membangun Channel antara
sistem platfrom logistik dunia dengan produk produk yang ada didesa desa.
Selain itu perlu dilakukan langkah langkah trobosan untuk memperkuat pelaku
ekonomi digital kita, karena potensi anak anak muda Indonesia yang siap masuk
kedunia ini. Industri ekonomi digital tidak akan merata jika jangkauan Internet
belum terelisasi keseluruh pelosok Indonesia, contohnya di plosok desa desa di
Indonesia yang punya potensi besar dalam bisnis ini, tidak akan berkembang jika
jauh dari jangkauan Telekomunikasi. Untuk itu perlu dilakukan percepatan
pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi, juga perlu dilakukan pelatihan
peningkatan kapasitas daya saing dan pemberian modal agar usaha yang dijalankan
oleh pelaku berkembang.
Sebenernya masih banyak aspek-aspek dari Teknologi Informasi dan komunikasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik. saya memilih ini karena bisnis ini seakan menjadi tren gaya hidup baru warga dunia, dan tentunya Indonesia harus ikut ambil bagian karena selain supaya tidak tertinggal, juga untuk memajukan Usaha kecil Menengah yang akan terus berkembang setiap tahunnya. Untuk itu saya selaku penulis mengajak ayo sama sama kita ikut ambil bagian dalam bisnis ini dan memperkenalkan Brand Brand asli Indonesia Untuk dikenalkan di Dunia.
Comments
Post a Comment